Macedonia: dari Pra Sejarah hingga Bunda Penoreh Sejarah

7 Jun

Menyambung tulisan saya sebelumya, mari kita telurusi sejarah negri Macedonia.

Zaman Pra Sejarah:

Dari hasil temuan arkeologi, sejak kurang lebih 5000 tahun sebelum Masehi sudah terdapat pemukiman neolitik di atas danau Ohrid. Pemukiman didirikan diatas pelataran yang dibangun di atas tonggak-tonggak kayu, lengkap dengan perapian dan benda pecah belah untuk keperluan masak memasak. Pemukiman pra sejarah ini direkonstruksi dengan apik, dilengkapi dengan museum dan dicapai dengan perahu motor.

pemukiman pra sejarah macedonia m34peradaban neolitik prasejarah tata hidup

Zaman peradaban kuno dan penjajahan Romawi:

Penenulusuran kita beranjak ke peradaban kuno  (kurang lebih 1000 tahun sebelum Masehi) dan periode penjajahan oleh bangsa Romawi. Pada saat itu justru peradaban penduduk Macedonia sudah jauh lebih maju, berbagai pengetahuan arsitektur dan tata kota akhirnya dicontek dan diterapkan di seluruh kekaisaran Romawi. Dalam periode ini juga ditemukan gereja-gereja kuno pertama, dengan dekorasi lukisan dari era jauh sebelum gereja Eropa pada umumnya (renaissance). Proporsi wajah dan cara menggambarkan profil tokoh-tokoh suci pun lain sama sekali, sangat menarik bagi pencinta seni.

amphiteater kuno macedoniagereja kuno macedonia

Zaman penguasaan bangsa asing dan Macedonia masa kini:

Setelah periode kependudukan Romawi, Macedonia dikuasai oleh berbagai-bagai bangsa asing. Pada abad 14 setelah Masehi Macedonia dikuasai oleh Kerajaan islam Ottoman dari Turki selama 5 abad. Pada abad ke 20 Macedonia menjadi bagian dari Yugoslavia yang sosialistis. Pada tanggal 8 September 1991 Macedonia mendapat kemerdekaannya dan terbentuklah Macedonia masa kini, kombinasi dari kota-kotanya yang modern dan peninggalan tradisinya yang kental.

skopje ibukota macedoniapeninggalan zaman ottomanmuseum ibu teresa

Warga negara paling terkenal:

Salah satu warga negara Macedonia yang sangat dicintai dunia adalah Bunda Teresa, dikenang dengan museum didedikasikan khusus untuk almarhum. Mencintai sesama manusia melampaui batas perbedaan ras, suku dan agama; biarawati kecil bersuara lirih ini meninggalkan dampak yang menggema di dunia.m42penghargaan nobel bunda teresa

Peace!!

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: