Mari bersepeda!

15 Feb

Masyarakat Belanda memang getol bersepeda. Genjotan kuat, jurus maut di tikungan, mental hajar bleh dalam aneka cuaca, berlaku untuk yang muda maupun manula. Tidak heran jikalau cara terbaik berpetualang di dalam kota-kota besar seperti Amsterdam adalah dengan bersepeda.

Tapi jangan buru-buru dulu menyewa sepeda. Aturan pertama adalah: anda harus memiliki “feeling” darimana datangnya dan kemana perginya lalu lintas kendaraan disekitar anda. Jika anda belum terbiasa mengendarai kendaraan beroda dua maupun empat, pilihan bersepeda bukan yang tepat untuk anda. Jika anda sudah memiliki feeling dan tingkat kewaspadaan yang tepat, mari kita ikuti uraian aturan lalu lintas yang penting dalam ranah “kesepedaan” ini.

jalan sepeda amsterdam

Gambar atas:

Jalan khusus pengendara sepeda biasanya ditandai dengan jalur berwarna merah. Papan tanda berwarna biru bulat juga menandakan bagian jalan ini diperuntukkan bagi sepeda (nr.3); dengan keterangan tambahan, papan putih dengan 2 anak panah (jalur 2 arah).  Jika papan biru ini dicoret dengan garis merah atau lingkaran berwarna merah, maka anda tidak diperbolehkan bersepeda di jalur tersebut.

Jika anda hendak menyeberang, lihatlah dahulu apakah lampu khusus jalur sepeda berwarna hijau (nr.2). Jika merah, anda harus berhenti dan memencet tombol penyeberangan (nr.1). Cermati juga darimana lalu lintas mobil datang. Tanda segitiga “gigi hiu” (nr.4, “taandenhaaien”) yang ujung lancipnya mengarah ke  jalan mobil menandakan bahwa anda mendapat prioritas lebih dahulu daripada mobil yang hendak menyeberang.

Gambar bawah:

Ada juga jalur sepeda yang bisa berubah fungsi menjadi jalan mobil jika kebetulan tidak ada sepeda yang lewat. Jalur ini ditandai dengan garis putus putus dan gambar sepeda pada aspalnya. Pada cuaca buruk dan berangin kuat jalan semacam ini sangat berbahaya karena liukan sepeda  menggeser posisi  ke dalam jalur kendaraan roda empat. Pada umumnya sangatlah penting memberi aba-aba jika anda hendak berbelok kepada pengguna jalan dibelakang anda. Selain itu janganlah berhenti mendadak kurangi kecepatan perlahan-lahan sambil menepi.

jalan sepeda amsterdam 2

Kenapa sih berpetualang dengan sepeda? Praktis, sehat, relatif cepat dan penuh kejutan, anda dapat menjelajah kemana-mana dan menemukan pemandangan kota istimewa yang sering kali hanya dinikmati oleh penduduk lokal saja.

wisata sepeda tour amsterdam

bersepeda amsterdam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: