Macedonia: Air got disana, air minum di Indonesia (?)

7 Jun

Atas request seorang pembaca setia blog saya ini (makanya sering komen dong, jadi bisa request juga hahaha) , akan saya ulas salah satu negara di Eropa yang mungkin belum pernah kedengaran namanya di Indonesia: Macedonia. Macedonia adalah salah satu negri Balkan, berbatasan dengan Yunani, Bulgaria dan Albania. Dari Amsterdam kira kira 2,5 jam dengan penerbangan langsung atau 3,5 jam dengan penerbangan murah yang mampir dulu ke Bulgaria.

Disini mata uang yang berlaku adalah dinar macedonia (1 euro=60 dinar), membuat liburan ke negri ini sangat terjangkau. Untuk gambaran harga: makan siang yang terdiri roti pasrty keju dan minuman kotak hanya dibanderol 1,70 euro. Makan malam di restoran lumayan keren hanya 8 euro. Selain murah, warga negara Indonesia juga tidak membutuhkan visa khusus untuk masuk ke negri ini. Naaa kaann, tuh jadi nggak pusing ngurusnya kanan kiri.

makan siang sederhana terjangkau macedoniaMacedonia memiliki alam yang sangattt indah, dengan superstarnya: Danau Ohrid. Terus terang, waktu saya pertama berdiri di bibir pantainya, mata saya terbelalak dan mulut sontak menganga. Belum pernah saya melihat kecantikan danau luar biasa seperti ini, air nya jernih bermeter meter seperti kaca, batu dan tanaman bisa dilihat dengan mata telanjang. Air ini berasal dari mata air gunung-gunung yang secara alami mengelilingi danau.

Lho, tapinya, beda ‘pantai danau’ dengan ‘pantai laut’ gimana? Nah ini dia, kunci perbedaan terletak pada jenis batu / pasirnya. Air pantai laut biasanya bercampur dengan pasir, baik putih maupun hitam, sehingga sulit sekali untuk dapat langsung melihat dasar pantai. Sedang di danau ini yang ada hanya batu kerikil yang cukup besar, jadinya air yang bergerak tetap sejernih air minum, pokoknya seperti kolam renang alami raksasa deh. (catatan: airnya juga tawar).

m8Coba lihat foto pantai di pagi hari di bawah ini, keliatan nggak tuh batu-batunya?

wisata macedoniaalam pantai danau ohridkejernihan air danau ohrid

Danau Ohrid “menghidupi” kota-kota di sekitarnya, contohnya seperti di kota Struga di bawah ini. Yang namanya air got di sana kayanya bisa dibotolin sebagai air minum  di Indonesia kali ya…. ??? 🙂

air got danau ohrid macedonia

Di artikel berikutnya saya masih akan menguak “the amazing wonder” yang dimiliki macedonia. Dari museum Bunda Teresa hingga perkampungan prasejarah. Pokoknya ikuti terus laporan saya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: